Bagas’ Birth Story

Seperti janji sebelumnya, kali ini gue akan mengupas-tuntas (halah) kronologis kelahiran Den Bagas. Kali ini ceritanya agak detail..biar ga lupa, mumpung masih mayan fresh nih ingetannya. Maklumlah meski manis dan kece, kadang gue rada pikun. Hoho! Yak, jadi begini ceritanya.. *fade out* *muncul asap berkabut*

Senin, 16 April 2012

Resah dan gelisah!

Yep..it’s my 40th week and still no baby yet! udah mule begah badan, dan begah kuping karena bolak-balik ditanya “udah lahiran belum??” sama orang sekampung (lebay..ignore!). Hari ini pula gue kontrol mingguan ke dr. Yusfa. Okelah,,mari kita tuntaskan kegalauan ini dg bertanya ke pak dokter.

“Yuk naik, kita periksa dalam”

Heaa..si dokter nyuruh periksa dalem juga akhirnya *pasangmukatembok*. Daaan..setelah beberapa menit prosedur yg agak-kurang-nyaman itu, beliau bilang kalau posisi kepala bayi di dasar panggul gue emang masih agak jauh. Makanya belum ada kontraksi signifikan. Dia bilang usianya kandungan gue hampir overdue, tp masih bisa ditoleransi hingga minggu ke 41, semepetnya 42 minggu tp tidak disarankan selama itu. Jadi kalau sampai hari Kamis tgl 19 si bayi belum keluar..then i should say hello to induksi *keringet dingin*.

Perkiraan berat USG bayi udah 3.6 kg, dan melihat postur tubuh gue yg ga terlalu tinggi.. (udah doook, bilang aja saya ini PENDEK), beliau belum bisa memastikan panggul gue yg imut ini bisa terlewati atau tidak oleh bayinya. So, kemungkinannya masih 50:50 untuk bisa persalinan normal. *keringet dingin part.2*

Selasa, 17 April 2012

Bengong di toilet. karena keluar flek darah yg mana adalah salah satu tetanda persalinan akan tiba. Sempet ga percaya, But hey,,ini ada flek..berarti masih ada harapan gue lahiran tepat waktu kan? Bisa ga pake induksi kan? Baiklah, dari pengalaman temen, flek masih tanda bukaan awal2. Lagipula belum ada kontraksi kuat dan pecah air ketuban..jadi gue santai2 aja dulu di rumah. menanti tanda persalinan lainnya. *siul-siul*

Rabu, 18 April 2012

Gue bbm si pak dokter, minta ijin dateng lebih awal sehari ke RS karena flek udah berlangsung 2 hari dan gue pengen memastikan saja kalo semua baik2 aja. He said okay, dan langsung gue plus suami cabut ke RS. Diperiksa dalem lagi cuy..sembari diubek itu perkakas bawah, pak dokter bilang kalo posisi kepala bayi sudah makin turun dan gue udah bukaan 2. Lalu dr. Yusfa bilang: “yuk, langsung masuk kamar observasi ya..” *keringet dingin part.3*

Kamis, 19 April 2012

Sambil menunggu bukaannya nambah, sejak kemarin siang gue diperbolehkan nunggu di kamar rawat inap. So far so good, suami bisa nemenin, kamarnya nyaman, makanannya enak *penting!*, dan gue masih bisa haha-hihi. Sejak masuk RS, perawat rutin ngecek via CTG (alat monitor jantung bayi dan kontraksi) plus periksa dalem..daaaan selama 24 jam,  cuma nambah 1 aja pemirsa, dari 2 jadi bukaan 3!

Masuk jam 14.00 tiba2 rasa mulesnya makin terasa..makin heboh plus jaraknya juga makin deket. Yang tadinya gue masih jaim, sampe akhirnya nyerah panggil suster. Yak, bukaan 6! Gue disuruh nunggu lagi..lalu nyerinya makin nambah tiap kalinya dan kontraksi rasanya bikin pengen pingsan. Halooo, kemana ilmu hypnobirthing gue? Wassalam.. Latihan relaksasinya kurang banyak gue rasa.. *self-toyor*

Ada suatu ketika dimana gue sempet mewek ke suster nanya kemungkinan gimana kalo gue mau Caesar aja, ga kuat kontraksinya dan takut bayinya kenapa2..tapi, si mbak perawat muda nan baik hati (yg juga lgi hamil, btw) menenangkan gue dan meyakinkan bahwa progress kontraksinya bagus dan semua pemeriksaan masih memungkinkan lahiran normal: kondisi detak jantung dan jumlah air ketuban masih oke meski si bayi diperkirakan besar dan terlilit satu kali ikatan tali pusat. Lalu gue memutuskan untuk ngga nyerah dulu. Not yet..not now.

Beberapa menit kemudian gue berasa mual,sukses jackpot di kamar mandi, flek makin banyak. Suster langsung dateng lagi..gue dicek, bukaan 8! Langsung gue dibawa ke kamar bersalin.

Semua sudah siap disana, suami masuk, plus nyokap gue dateng langsung dari kantor,,dan baiknya perawat2 disana, memperbolehkan nyokap masuk nemenin juga di kamar bersalin. Kontraksi2 paling heboh gue rasain disini. Gue meluk nyokap..nangis, minta maaf. Gue baru ngerasain yg namanya perjuangan persalinan itu kaya gini, dan sungguh gue ngerasa durhaka sering bikin salah ke nyokap yg juga pernah susah payah ngalamin ini semua buat ngelahirin gue dan adik2 gue dulu.. T_T

Transisi bukaan 9 ke 10 adalah menit2 terlama dlm hidup gue. Rada lebay. Tapi beneran..mungkin sebenernya cuma 10 menit, tapi rasanya kaya berjam-jam..rasanya tiap kontraksi dateng terus2an ga abis2. Gue udah kaya ngigo..nanya dokter udah sampe mana, berdoa, sampe ngobrol ke bayinya..ga sampe teriak heboh macem di sinetron sih, tp sumpah..rewel abis. (maap ya mbak2/ ibu perawat, jadi malu.. *blushing*)

Akhirnya dr. Yusfa dateng, beberapa perawat ngelilingin gue..ngasih aba2 mengejan yg bener. Semua teori meski gue ngga lupa, tp ttp susah dilakukan pd kenyataannya. Jd tetep bolak-balik diingetin para perawat. Air ketuban gue dipecahin..dan ternyata udah rada ijo. Beberapa kali mengejan, si bayi masih keluar masuk..ketahan lilitan tali pusat di lehernya. Dr. Yusfa pun minta ijin suami dan nyokap untuk pake bantuan vakum. Akhirnya dibantu vakum dan sekali mengejan lagi…keluarlah tubuh bayi mungil, putih agak pucat, rambut tebal, yang menangis dg kencang itu.

Rasanya? Wuih, lega luar biasa..

Apalagi waktu setelah keluar, si bayi ditaro di pelukan gue, sambil diadzanin bapaknya. Sakit-sakit yg kesisa nyaris ngga berasa. Dokter masih ngeluarin ari2, ngobras di “area bawah”..i don’t care. Yg jadi perhatian gue cuma si bayi mungil di pelukan gue itu aja :’) Alhamdulillah ya Allah.. Lucuk bgt ini bocah..

2 jam kemudian, gue dipindah kembali ke kamar..dan diberi waktu untuk beristirahat. seluruh keluarga gue dan suami sudah menyambut. Ah, happy..

Jumat, 20 April 2012

Sehari setelah lahiran, acara gue sepanjang hari adalah berkutat dengan praktek menyusui, kenalan sama si bayi, pokoknya it’s all about him. The babymoon starts now 😀 Oh ya, keluarga n temen2 juga udah pd dateng untuk ngucapin selamat langsung/ lewat socmed. Yah biar gimana jugak tetep mesti eksis lah ya :p

Minggu, 22 April 2012

Hari yang dinanti2 karena waktunya pulaaaang! Hasil pemeriksaan lab menunjukkan kadar bilirubin Bagas ada di batas aman, jadi let’s go home nak. And believe me..perjuangannya justru baru dimulai setelah Bagas pulang ke rumah. Kapan2 lah gue ceritain.. :p

And that’s Bagas’ birth story..

Seperti calon ibu lainnya, sempet takut jg sama proses persalinan..tapi yah, gue mikir itu kan hal yg alami, dari jaman purba sampe sekarang para ibu hamil dan melahirkan serta melalui proses yg kurleb sama. Mereka aja bisa, kenapa kita ngga. Yg penting yakin, soal rasa sakit mah..tiap orang kan beda-beda, ada/ tidaknya rasa sakit..gue rasa kebayar semua dg hadirnya bayi yg selama ini udah ditunggu-tunggu bisa keluar sehat wal afiat.

Bayangin aja, pas di perut yang awalnya begini..

Pas keluar jadi begini..

Subhanallah.. 😀

Doakan kami selalu sehat yaa.. Dan buat para ibu, calon ibu, dan bakal calon ibu disana..semangat!! 🙂

Leave a comment